Beranda | Artikel
Kunci Jawaban Evaluasi Belajar Tauhid Bagian 2
Minggu, 11 Mei 2014

91611102b61b88ca2c4ff35d661bbd4a

Soal : Sebutkan pengertian tauhid yang disampaikan oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah dalam risalah Tsalatsatul Ushul!

Jawab : Mengesakan Allah dalam beribadah.

Soal : Faidah apa yang bisa kita petik dari hadits pengutusan Mu’adz bin Jabal radhiyallahu’anhu ke Yaman dalam kaitannya dengan metode/prioritas penyampaian materi dakwah Islam?

Jawab : Materi dakwah yang paling pokok untuk disampaikan adalah tauhid.

Soal : Di dalam hadits Ibnu ‘Umar radhiyallahu’anhuma yang diriwayatkan Imam Muslim tentang rukun Islam terdapat dalil yang menunjukkan bahwa tauhid sangat penting di dalam agama, mengapa?

Jawab : Karena tauhid merupakan kandungan rukun Islam yang pertama.

Soal : Sebutkan terjemah ayat -beserta nama surat dan nomor ayatnya- yang menunjukkan bahwa orang-orang musyrik masa silam telah memahami makna/maksud kalimat laa ilaha illallah/kalimat tauhid!

Jawab : Allah berfirman (yang artinya), “[orang-orang kafir itu berkata] Apakah dia -Muhammad- itu hendak menjadikan sesembahan-sesembahan yang banyak itu kemudian hanya menjadi satu sesembahan saja? Sungguh ini adalah sesuatu yang sangat mengherankan.” (QS. Shaad : 5)

Soal : Sebutkan salah satu dalil yang menunjukkan bahwa ibadah tanpa disertai tauhid tidak akan diterima di sisi Allah!

Jawab : Allah berfirman (yang artinya), “Maka barangsiapa yang mengharapkan perjumpaan dengan Rabbnya hendaklah dia melakukan amal salih dan tidak mempersekutukan dalam beribadah kepada Rabb-nya dengan sesuatu apapun.” (QS. Al-Kahfi : 110)

Allah berfirman (yang artinya), “Dan Kami teliti apa-apa yang dahulu mereka lakukan kemudian Kami jadikan ia bagaikan debu yang beterbangan.” (QS. Al-Furqan : 23)

Soal : Sebutkan dalil wajibnya bertauhid dari bagian awal di dalam surat al-Baqarah, dan juga di dalamnya terkandung bahwa tauhid rububiyah adalah dalil untuk mewajibkan tauhid uluhiyah!

Jawab : Allah berfirman (yang artinya), “Wahai manusia, sembahlah Rabb kalian, yaitu yang telah menciptakan kalian dan orang-orang sebelum kalian, mudah-mudahan kalian bertakwa.” (QS. Al-Baqarah : 21)

Soal : Sebutkan nama seorang ulama ahli tafsir yang menjelaskan bahwa para rasul itu diutus untuk membawa ajaran keikhlasan dan tauhid!

Jawab : Qatadah rahimahullah

Soal : Sebutkan ucapan Imam Ibnul Qayyim rahimahullah yang menunjukkan hendaknya kita -sebagai penimba ilmu- memiliki niat yang lurus dalam belajar akidah/tauhid atau ilmu-ilmu Islam yang lainnya!

Jawab : ‘Setiap ilmu dan amalan yang tidak menambah kekuatan iman dan keyakinan, maka itu adalah terkontaminasi. Dan setiap keimanan yang tidak membangkitkan amalan berarti iman itu telah terkontaminasi.’

Soal :Dimana letak kekeliruan penafsiran laa ilaha illallah dengan ‘tiada pencipta selain Allah’ atau ‘tiada pemberi rizki selain Allah’? Lalu apakah makna yang benar dari kalimat laa ilaha illallah?

Jawab :


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/kunci-jawaban-evaluasi-belajar-tauhid-bagian-2/